iamparisjones.com, Jika kamu memiliki kulkas 2 pintu, terkadang lemari pendingin bagian bawah tiba-tiba memiliki suhu yang normal atau tidak dingin. Hal tersebut terkadang sering membuat kita bingung, karena sering kali kita tidak tahu penyebab kulkas 2 pintuk tidak dingin.

Sebelum kamu panik dan membawanya ketempat servis, lebih baik kamu ketahui dulu penyebab dari masalah kulkas yang kamu alami, untuk itu kita akan memberikan informasi dari penyebab kulkas 2 pintu yang kamu miliki menjadi tidak dingin.

Evopator Bocor

Penyebab pertama dari kulkas yang tidak dingin adalah kebocoran dari Evoprator, kebocoran ini banyak jadi penyebab kulkas menjadi tidak dingin lagi. Hal ini di karenakan gas Freon yang keluar kulkas keluar terlalu banyak, sehingga menyebabkan kulkas menjadi tidak dingin lagi.

Penyebab kebcoran Evoprator ini beragam, namun penyebab yang sering di temukan adalah karena di akibatkan oleh tusukan benda tajam. Misalnya ketika kamu sedang membutuhkan es batu, namun bagian freezer di tumbuhi bunga es kemudian kamu menggunakan benda tajam untuk mengambil es nya.

Thermostat Tidak Berfungsi

Penyebab lainya adalah thermostat yang rusak atau tidak berfungsi, thermostat sendiri adalah pengatur suhu yang berada di dalam kulkas. Jika thermostat rusak, otomatis kompresor tidak akan menerima aliran listrik. Jika kompresor tidak berfungsi, kulkas tersebut akan otomatis  menjadi tidak dingin.

Overload Rusak

Overload adalahsalah satu alat yang terdapat pada kulkas, tepatnya terletak dan menempel pada bagian kompresor. Jika kompresor mengalami panas berlebih, maka overload ini akan memutuskan arus listrik pada kompresor sehingga dapat menjadi penyebab kulkas 2 pintu yang kamu miliki menjadi tidak dingin.

Terjadi Masalah Pada Instalasi Freon

Penyebab kulkas 2 pintu tidak dingin lainya adalah, ada masalah pada instalasi Freon. Hal ini akan menyebabkan pendingin menjadi terganggu, sehingga kulkas menjadi tidak dingin. Biasanya hal ini di sebabkan karena adanya penyimbatan pada bagian sirkulasi Freon, sehingga hal ini menjadi penyebab kulkas menjadi tidak dingin.

Pintu Kulkas Tidak Rapat Saat Di Tutup

Salah satu penyebab kulkas menjadi tidak dingin adalah karena faktor kesalahan manusia, karena biasanya ada sebagian orang yang menutup pintu tidak rapat. Karena ketidak telitian itu Freon dalam kulkas akan terus keluar melalui celah pintu yang tidak tertutup rapat, sehingga hal ini menjadi penyebab dari kulkas yang tidak dingin.

Kerusakan Pada Kipas

Kerusakan pada kipas dapat menjadi penyebab dari kulkas yang tidak dingin, karena jika kipas rusak suhu dingin pada evopator tidak akan menyebar rata ke seluruh area pendingin. Selain kulkas menjadi tidak dingin, hal ini juga dapat menyebabkan penumpukan es.

Heater Atau Fuse Putus

Fuse atau heater ini memiliki fungsi yang cukup penting, yaitu untuk mencarikan bunga es. Letaknya berada di bagian atas di dalam pendingin, jika fuse atau heater ini rusak tentu saja akan menyebabkan penumpukan es pada pendingin sehingga kulkas menjadi tidak dingin.

Timer Rusak

Pada kulkas dua pintu biasanya memiliki timer khusus, timer ini berfungsi untuk mengatur semua komponen pada kulkas. Jika timer ini rusak , tentu saja kan berakibat pada seluruh komponen pada kulkas dan menyebabkan kulkas tidak dingin.

Nah itulah penyebab kulkas 2 pintu tidak dingin, jadi kamu jangan dulu panik san terburu-buru membawanya ke tempat servis. Jika sudah tahu penyebabnya, mungkin kamu dapat mengatasi masalah kulkas yang tidak dingin ini sendiri sebelum membawanya ke tempat servis.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here