iamparisjones.com, Kulkas adalah alat elektronik yang setiap hari digunakan karena sifatnya memang Stand By, sehingga kerusakan yang pada bagian penting dari kulkas sangat rentan. Salah satu yang sering mengalami kerusakan pada komponen kulkas adalah kompresor, oleh karena itu pentingnya bagi kita dalam mengethaui ciri-ciri kompresr kulkas rusak.

Meskipun terlah banyak teknisi di bidangnya dan jasa servis, tidak ada salahnya bagi kita untuk mengetahui hal ini. Karena dengan kita mengetahui informasi yang bermanfaat, tentunya hal itu akan sangat berguna kelak. Jadi mari kita simak ciri-ciri kompresor rusak pada kulkas, agar kita mengetahui informasi tentang kesehatan kompresor pada kulkas yang kita miliki.

Kulkas Menjadi Tidak Dingin

Salah satu ciri yang mudah kamu ketahui adalah kulkas menjadi tidak dingin, kulkas menjadi tidak dingin memang memiliki banyak penyebabnya namun kerusakan kompresos dapat menjadi masalah utama. Kompresor berperan penting dalam kulkas, kerjanya mirip seperti mesin pada kendaraan sehingga jika terjadi kerusakan pada kompresor akan berakibat juga pada kedinginan kulkas.

Suara Kompresor Keras Dan Berisik

Ciri-ciri kompresor kulkas rusak lainya adalah kulkas yang kamu miliki mengeluarkan suara bising, cobalah untuk mengecek bagian kompresor pada kulkas yang kamu miliki. Cobalah cek apakah terdengar suara bising yang tidak biasa pada kompresor, jika iya berarti kompresr tersebut sedang mengalami masalah dan dapat berpotensi rusak.

Ampere Kompresor Naik Melebihi Batas Maksimal

Jika ampere pada kulkas kamu naik secara maksimal dan tidak biasa, bisa jadi ini di akibatkan oleh rusaknya kompresor pada kulkas. Namun ada penyebab lain yang dapat menyebabkan ampere tersebut naik, yaitu tekanan Freon yang berlebih sehingga menyebabkan hal tersebut terjadi.

Untuk memastikan bahwa ampere tersebut naik karena kompresor rusak, kamu dapat memastikan terlebih dahulu tekanan Freon yang keluar. Jika tekanan pada Freon normal, sudah dapat di pastikan ada masalah pada kompresor di kulkas yang kamu miliki.

Mesin Kompresor Hanya Terdengar Suara Mendengung Saja

Jika kulkas kamu hidup secara normal, namun ada ke tidak normalan pada kompresor. Hal ini dapat di pastikan arus listrik tidak mengalir dengan benar pada kompresor, atau tegangan listrik di rumah kamu tidak kuat atau daya listrik terlalu rendah. Hal ini tentu saja akan bermasalah pada kompresor kamu, untuk itu sebaiknya cek tegangan listrik pada kompresor dan daya listrik di rumah kamu.

Kompresor Tidak Mau Hidup Sama Sekali

Jika kompresor tidak mau hidup sama sekali dapat di simpulkan bahwa kompresor tersebut rusak, namun bukan berarti tidak dapat nyala sama sekali. Kamu perlu mengecek dan mengetes beberapa cara agar mengetahui penyebab dari kulkas tersebut tidak nyala, karena memiliki banyak penyebab kamu dapat relay PTC atau overload pada kulkas.

Kamu dapat mengetesnya dengan cara yang cukup mudah, yaitu memberikan tegangan listrik langsung pada kompresor yang mati tersebut, tapi cara seperti ini tidak di anjurkan karena memang cukup berbahaya. Untuk keamanan kamu dapat membawa langsung atau mencari jasa tukang servis kulkas, dengan begini masalah akan terselesaikan dan kamu tidak perlu repot mengetes kompresor sendiri.

Nah itulah informasi ciri-ciri dari kompresor kulkas rusak yang dapat kita berikan, dengan begitu kamu dapat mengetahui kondisi kesehatan kompresor yang terdapat pada kulkas yang kamu miliki. Jika kamu sudah mengetahui masalah pada kompresor yang kamu miliki, tentunya kamu dapat memutuskan langkah selanjutnya untuk menangani kompresor yang rusak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here